Latest News

Manfaat Coklat dan Bahayanya untuk Kesehatan

Dibalik cita rasanya yang nikmat, adakah manfaat coklat untuk kesehatan juga kecantikan? Sebagai kuliner hasil olahan berdasarkan biji kakao, coklat sangat popular menjadi cemilan yang sangat nikmat. Coklat jua tak jarang dijadikan adonan atau pelapis kuliner lain. Dahulu coklat pula sering jadi minuman tradisi para bangsawan seperti halnya minuman teh.

Coklat adalah output fermentasi & olahan menurut biji kakao (Theobroma cacao) menurut pohon kakao dari dari daerah hutan Amazon hingga daerah di Amerika Tengah yg telah dikenal semenjak ratusan tahun sebelum masehi.

Dari rakyat Mesoamerika kuno, suku Maya antik pada Guatemala Utara sampai suku Indian Aztec di Meksiko antik telah bisa memasak biji kakao yg pahit rasanya menjadi minuman coklat. Kata coklat sendiri (chocolate) asal dari xocoatl (bahasa suku Aztec) yg adalah minuman pahit lantaran rasa biji kakao memang pahit.

Tetapi rakyat suku Aztec dan Maya percaya bahwa coklat adalah buah berdasarkan surga . Bahkan coklat disajikan dan dikonsumsi melalui ritual yg sakral & pada upacara ritual buat dijadikan persembahan.

Manfaat Coklat untuk Kesehatan


Saat ini coklat sudah menjadi salah  satu komoditas paling populer di global dengan cita rasanya yang nikmat. Selain dibuat dan dikonsumsi pada bentuk batangan, coklat juga seringkali dijadikan minuman baik dalam bentuk hangat maupun dingin yg lezat   & enak. Bahkan coklat pun tidak sporadis dijadikan sebagai hadiah atau ungkapan simpati juga buat menyatakan cinta terhadap versus jenisnya, seperti yg pernah terjadi dalam jaman kuno dahulu.

Manfaat Coklat Untuk Kecantikan dan Kesehatan


Rasa yg khas pada buah coklat selain lantaran cara pembuatannya yang rumit, pula lantaran kekayaan kandungan nutrisinya yang menaruh poly manfaat coklat. Kandungan cokelat diantaranya terdiri dari jenis alkaloid misalnya teobromin, anandamida, dan fenetilamina yg diketahui menaruh imbas fisiologis bagi tubuh.

Sedangkan kandungan nutrisi lainnya pada biji coklat diantaranya kandungan protein sebesar lima,lima gram (9 %), karbohidrat 14 %, serta kandungan lemak yg relatif besar , yaitu sebesar 52,9 gram (31 %), tenaga 504 kal, kalsium 98 mg, fosfor 446 mg, dan vitamin A 60 SI. Protein dalam coklat kaya dengan asam amino triptofan, tyrosin, dan fenilalanin.

Tingginya kandungan lemak dalam coklat tak perlu dikhawatirkan karena merupakan lemak botani yg tidak terlalu berbahaya. Menurut data menurut National Food Consumption Survey AS, konsumsi coklat hanya memberikan kontribusi   1 % terhadap intake lemak total & ini jauh lebih mini   dibandingkan minum susu yg mencapai 20 %, serealia 22 %, dan  daging yg memberikan lemak ke tubuh mencapai 30 %. Apalagi bila konsumsi lemak diikuti dengan melakukan olah raga secara teratur, maka anda tak perlu mengkhawatirkan pengaruhnya terhadap kesehatan.

Lantas apa saja manfaat coklat buat menjaga kesehatan tubuh juga perawatan kecantikan, berikut diantaranya.

1. Memperpanjang Umur

Studi epidemiologis yg dilakukan terhadap para mahasiswa Universitas Harvard Amerika Serikat menemukan bahwa kebiasaan makan coklat ternyata bisa memperpanjang usia harapan hidup. Hal ini terutama karena adanya kandungan antioksidan fenol dalam coklat yg berkhasiat. Bandingkan dengan manfaat jeruk nipis.

2. Mencegah Risiko Penyakit Kanker & Jantung Koroner

Kandungan senyawa aktif menaruh manfaat coklat lantaran mampu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh yang sekaligus menekan oksidasi kolesterol LDL (kolesterol dursila) sehingga bermanfaat dalam menangkal risiko penyakit kanker juga jantung koroner yg mematikan.

3. Mamperbaiki Mood dan Mencerdaskan otak

Coklat pula memmberikan efek yg diklaim chocolate craving atau ‘ketagihan’ lantaran adanya kandungan phenylethylamine yg merangsang meningkatnya penyerapan triptofan ke dalam otak buat diolah menjadi dopamine. Dopamine inilah yang menaruh imbas perasaan senang  dan memperbiki mood atau suasana hati, termasuk misalnya perasaan sedang jatuh cinta. Selain menaikkan gairah, otak pun akan terasa lebih focus pada berfikir.

4. Menghaluskan Kulit dan Anti Penuaan Dini

Flavanols dalam coklat berguna pada melindungi tubuh dan kulit menurut gambaran sinar ultraviolet matahari, menjaga kelembaban kulit, menaikkan elastisitas kulit, maupun melancarkan regenerasi sel-sel kulit. Karena itu manfaat coklat sangat baik untuk membuat kulit lebih segar, lebih halus, sekaligus menghilangkan noda hitam dan flek dalam wajah.

1 Response to "Manfaat Coklat dan Bahayanya untuk Kesehatan"

  1. AYO Bergabung Bersama AJOQQ | Menawarkan Berbagai Jenis Permainan Menarik.
    1 ID untuk 8 Permainan Poker, Domino, Capsa Susun, BandarQ, AduQ, Bandar Poker, Sakong, Bandar66 ( NEW GAME!! )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    - Bonus Cashback 0.3%. Dibagikan Setiap hari SENIN
    - Bonus referral 20% SELAMANYA
    - Minimal Deposit dan Withdraw hanya 15 rb Proses Aman & cepat
    - 100% murni Player vs Player ( NO ROBOT )
    Pin BB: 58cd292c
    website : www.ajoqq.org

    BalasHapus