10 Manfaat Kayu Manis yang Ampuh Obati Rematik dan Gula Darah

Sesuai dengan namanya, manfaat kayu manis selama ini lebih popular sebagai bumbu dapur untuk menambah rasa sedap pada masakan. Masyarakat kita dari berbagai daerah pun sangat mengenal kayu manis dengan aroma yang wangi dan rasanya yang manis pedas ini.

Kayu manis (Cinnamomum verum) merupakan pohon penghasil rempah yang bukan hanya membuat makanan menjadi terasa lebih sedap namun juga memiliki banyak nurisi penting yang berkhasiat obat untuk mengatasi berbagai penyakit.

Apalagi kayu manis juga merupakan jenis bumbu dapur paling tua yang telah dimanfaatkan sejak jaman Mesir Kuno. Namun belakangan, kayu manis juga mulai dijadikan bahan baku utama pembuatan sirup kayu manis yang nikmat dan berkhasiat.

Kandungan Kayu Manis yang Berkhasiat Obat

Manfaat kayu manis untuk kesehatan karena kandungan nutrisinya yang berkhasiat. Kandungan utama kayu manis adalah minyak atsiri, tannin, eugenol, safrole, kalsium oksalat, cinnamaladehyde, zat penyemak, dammar, dan lainnya. Kadar senyawa Cinnamaldehyde bahkan sebesar 70 % dari total berat kulit kayu manis.

manfaat kayu manis

Kandungan kau manis lainnya dianaanya minyak atsiri (2,40%), karbohidrat (59,55%), lemak (2,20%), serat kasar (20,30%), alkohol ekstrak (10 – 12%), abu (3,55%), dan kadar air (7,90%).

Baca juga: Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah Cantik

Selain itu juga terdapat kandungan lainnya, seperti betakarofilen, etil sinamat, metil kavikol, linalool, cinnzelanol, benzoate, kumarin, benzyl, dan felandren. Senyawa ini merupakan fitokimia yang berkhasiat obat.

Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan dan Wajah

Kayu manis diketahui mengandung banyak nutrisi penting yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Nah, berikut ini manfaat kayu manis sebagai herbal yang sangat penting untuk kesehatan.

1. Menurunkan Gula Darah

Kandungan antioksidan dalam kayu manis berfungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah, triglycerides, kolesterol buruk dan kolesterol total, memperbaiki respon insulin pada penderita diabetes, serta melancarkan pencernaan.

2. Mengatasi Penyakit Kanker

Manfaat kayu manis juga dari kandungan mineralnya yang mampu mengurangi proliferasi sel kanker. Mengonsumsi herbal ini juga efektif dalam mengatasi dan mengobati penyakit kanker.

3. Mengontrol Kadar Kolesterol

Kandungan kalsium, serat, dan mineral pada kayu manis sangat membantu menghilangkan garam pada tubuh dan mencegah kanker usus, melancarkan pencernaan, mengobati konstipasi atau diare, menurunkan kolesterol dan melindungi tubuh dari serangan jantung.

4. Mengatasi Nyeri Rematik dan Arthritis

Manfaat kayu manis juga karena memiliki kemampuan dalam menekan sitokin yang berhubungan dengan rasa nyeri rematik dan menghilangkan rasa sakit pada penderita arthritis. Karena itu buat Anda yang menderita penyakit arthritis bisa mencoba ramuan herbal ini.

Baca juga: Manfaat Air Kelapa Hijau Mengatasi Penyakit

5. Mengatasi Peradangan dan Mencegah Penggumpalan Darah

Kandungan arachidonic yang terdapat pada minyak atsiri dari kayu manis berkhasiat dalam mencegah penggumpalan darah dan mengurangi peradangan. Minyak ini banyak dimanfaatkan dalam industri pengobatan.

6. Mengatasi Sakit Maag

Kayu manis bersifat anti infeksi natural yang sangat berkhasiat dalam melawan bakteri H. Pylori yang menjadi penyebab sakit maag maupun berbagai jenis penyakit berat lainnya.

7. Bersifat Anti Bakteri dan Anti Jamur

Manfaat kayu manis sebagai anti bakteri dan mikroba membuat herbal ini juga banyak digunakan untuk mengawetkan makanan secara alami. Fungsi ini jga berkhasiat dalam mencegah dan mengatasi pertumbuhan jamur dan bakteri yang menyerang tubuh manusia, termasuk bakteri E. coli yang dikenal ganas dan berbahaya untuk kesehatan.

8. Mengatasi Nyeri Haid

Senyawa cinnamaldehyde yang terdapat dalam kayu manis berkhasiat dalam menekan rasa nyeri saat haid. Kandungan ini juga berkhasiat untuk mengatasi dan mengobati masalah infertilitas atau ketidaksuburan.

9. Mengatasi Demam dan Flu

Khasiat kayu manis juga banyak digunakan dalam pengobatan tradisional Cina untuk mengatasi demam dan penyakit flu karena manfaat kayu manis yang mampu menghangatkan tubuh.

10. Merangsang dan Meningkat Fungsi Otak

Sebuah penelitian memperlihatkan fakta menarik bahwa mencium bau kayu manis ternyata mampu merangsang proses kognitif otak dan meningkatkan konsentrasi maupun daya ingat. Kayu manis yang harum baunya juga dimanfaatkan untuk industri kosmestik.

Demikianlah berbagai manfaat kayu manis untuk menjaga kesehatan tubuh. Mengonsumsi herbal ini secara rutin sangat baik untuk melindungi tubuh dan menangkal berbagai penyakit.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *